Kesehatan

Heboh Cacing Dalam Sarden, Ini Beberapa Bahaya Parasit Cacing Bila Masuk ke Tubuh

Ahmad / March 7, 2018

Beberapa hari yang lalu, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan penemuan parasit cacing dalam ikan sarden kalengan yang banyak diproduksi di tanah air. Ikan mackerel tersebut diyakini mengandung parasit cacing yang kemudian membuat Badan Pengawas Obat dan Makanan melakukan razia seketika.

sarden kaleng

Akhirnya, dari hasil penelitian di lapangan, ditemukan sekitar 27 merk sarden kalengan yang positif mengandung parasit cacing, Oleh sebab itu, selain menarik seluruh produksi ikan sarden kalengan, pemerintah juga mengimbau agar masyarakat lebih waspada dengan produk olahan yang dikemas serupa.

Parasit cacing yang ditemukan dalam ikan sarden kalengan oleh Badan POM masuk dalam jenis Aisakis Sp. Parasit cacing ini berasal dari keluarga cacing Anisakidae dan memang sering hidup pada ikan laut atau mamalia laut. Parasit cacing tersebut bisa menyerang manusia yang mengonsumsi daging ikan sarden atau ikan mackerel yang diolah kurang matang atau mentah sekaligus. Lalu, apa saja bahaya lain yang bisa ditimbulkan dari parasit cacing Aisakis Sp. yang ditemukan BPOM dalam ikan sarden kalengan ini? Simak ulasannya berikut ya!

Sakit Perut

Sakit perut adalah gejala yang umum ketika seseorang mengalami keracunan makanan. Salah satu bahaya yang disebabkan oleh infeksi parasit cacing yang ada di dalam ikan sarden kalengan ini adalah gangguan pada pencernaan yang berawal dengan sakit perut.

sakit perut

Sakit perut yang tidak segera ditangani akan berlanjut pada gangguan organ lainnya seperti usus dan lambung.

Mual dan Muntah

Mual dan muntah merupakan bagian dari gangguan sistem pencernaan yang ditengarai sebagai bahaya saat seseorang mengalami keracunan. Namun, perbedaan yang bisa diamati adalah mual dan muntah ini lebih bisa dideteksi dengan cepat.

mual dan muntah

Hanya beberapa menit setelah mengonsumsi makanan yang terindikasi berbahaya, tubuh akan mengeluarkan refleks berupa naiknya asam lambung yang tidak mampu menerima zat atau benda asing dengan mual atau bahkan muntah sekaligus. Akan tetapi, mual dan muntah ini juga harus segera mendapatkan penanganan medis agar terhindar dari komplikasi lainnya.

Diare dan Demam

Selain memunculkan rasa mual dan muntah, kondisi keracunan akibat parasit cacing Anisakis Sp. ini juga bisa disertai dengan diare akut.

diare dan demam

Penanganan ketika diare telah dialami diupayakan bisa secepatnya agar penderita keracunan tidak terlalu banyak kehilangan cairan. Biasanya demam tinggi juga mengikuti gejala ini.

Kelemahan Janin

Khusus bagi ibu hamil, parasit Anisakis Sp. dinilai sangat membahayakan bagi janin yang berada dalam kandungan.

kelemahan janin

Selain kondisi janin yang akan melemah, kondisi ibu hamil juga bisa saja mengalami penurunan karena infeksi yang telah menjalar dan mengganggu organ tubuh lain seperti perut dan pernapasan. Bila mendapati gejala yang demikian, sebaiknya ibu hamil segera memeriksakan diri ke rumah sakit untuk penanganan lebih cepat.

Alergi Pernapasan

Saluran pernapasan menjadi sistem yang diincar ketika seseorang mengalami alergi. Termasuk bila anda tidak sengaja mengonsumsi ikan sarden kalengan yang mengandung parasit cacing.

alergi pernafasan

Biasanya, saluran pernapasan akan mengalami rasa berat dan menimbulkan sesak napas terutama beberapa jam setelah mengonsumsi makanan tersebut. Jika hal ini menimpa anda, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter dan meminta bantuan oksigen atau alat pernapasan medis yang disediakan.

Ruam Kulit

Ruam kulit yang banyak ditimbulkan dari reaksi alergi terhadap konsumsi ikan sarden kalengan yang mengandung parasit cacing ini adalah sensasi panas, gatal, serta terbakar pada kulit.

ruam pada kulit

Hal ini bisa dilihat dari kulit yang memunculkan ruam berwarna merah dan bisa diatasi dengan resep antibiotik oleh dokter.

Meski begitu, bagi anda penggemar ikan laut tidak perlu cemas dengan polemik sarden yang mengandung parasit cacing ini ya! Pasalnya, ikan atau hasil olahan laut lainnya bisa terhindar dari bahaya bila dimasak dengan suhu yang tepat dan matang. Amati setiap bahan yang anda beli dan olah secara tepat dengan suhu yang disarankan untuk terhindar dari bahaya keracunan makanan lainnya.

Demikian artikel informatif tentang bahaya cacing dalam ikan sarden kalengan yang menjadi topik hangat akhir-akhir ini. Semoga bermanfaat!

Share this post:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •